Jumat
Pukul : 12:56:21

Melviza

| More
KADIS KOMINFO KOTA MEDAN NARASUMBER PENERAPAN SPM BIDANG KOMINFO JAKARTA

Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Ditjend. Otda Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Bpk. Drs. Susilo pada tanggal 21 Maret 2013 didampingi Kasubdit.Urusan Pemerintahan Bidang I Ditjend. Otda Kemendagri Drs. Faebuadodo Hia, M.Si dengan dihadiri Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota se-Indonesia yang menangani Bidang Kominfo.

Pada pemaparan Kepala Dinas Kominfo Kota Medan yang disampaikan pada hari Jum’at tanggal 22 Maret 2013 Bpk. Drs. Darussalam Pohan, M.AP menyampaikan antara lain “Bahwa Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Kominfo Kota Medan sebagai Locus Model Building Penerapan SPM Bidang Kominfo telah menerapkan 2 Kegiatan Urusan Kominfo dengan 6 Indikator yaitu Pelaksanaan diseminasi dan pendistribusian informasi nasional melalui Media massa (seperti majalah, radio, dan televisi), Media baru (seperti website, media online), Media tradisional (seperti pertunjukan rakyat), Media interpersonal (seperti sarasehan, ceramah, diskusi, dan lokakarya), Media luar ruang (seperti media buletin, leaflet, booklet, brosur, spanduk, dan baliho), dan Kegiatan Pengembangan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat di tingkat Kecamatan.

Kedua urusan bidang Kominfo tersebut telah dijabarkan oleh Dinas Kominfo Kota Medan keberbagai kegiatan konkrit yaitu :

Pelaksanaan diseminasi dan pendistribusian informasi nasional, melalui

Media massa, antara lain : Pengumpulan dan update data internal dan eksternal pemko Medan, Analisa isu pablik terhadap kegiatan Pemko Medan, Penerbitan Tabloid Vista Medan, Penyebarluasan informasi melalui media elektronik (radio dan televisi).

Media baru, antara lain : Berlangganan jalur telepon speedy Pemko Medan, Berlangganan dedicated akses internet, Berlangganan akses internet wi fi (hot spot zone), Pengadaan komputer dan perlengkapannya, Perawatan Computer Client Jaringan LAN / Running Tex /TV Informasi Digital/Hot Spot Zone Pemko Medan, Pembangunan Media Teleconfrence Pemko Medan, Pembangunan dan Operasionalisasi ICT, Pembangunan dan Operasionalisasi layar monitor billboard, Operasional Website dan intranet Pemerintah Kota Medan, Pembangunan dan operasionalisasi security data center.

Media tradisional, antara lain : Penyebarluasan Informasi melalui media pameran, Penyebarluasan Informasi melalui event event hari besar, Menyebarluaskan Informasi melalui Pemutaran VCD/DVD informasi.

Media interpersonal, antara lain : Penyebarluasan Informasi melalui media dialog interaktif, ceramah dan tatap muka.

Media luar ruang, antara lain : Penyebarluasan Informasi melalui selebaran, Penyebarluasan Informasi melalui media luar ruang Baliho dan spanduk.

Pengembangan dan pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat di tingkat Kecamatan, melalui : Pembinaan Pengusaha bidang Pos dan Telekomunikasi, Pembinaan dan pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM).

Dukungan anggaran untuk melaksanakan urusan Bidang Kominfo tersebut dari tahun ketahun terus meningkat. Hal inilah yang mendorong Pemerintah Pusat seperti yang disampaikan dalam Laporannya Kasubdit.Urusan Pemerintahan Bidang I Ditjend. Otda Kemendagri Drs. Faebuadodo Hia, M.Si memilih Kota Medan sebagai salah satu Locus dari 3 Locus Model Building Penerapan Standar Pelayanan Minimal Bidang Kominfo, yaitu Medan, Malang, dan Manado.

Kepada Kabupaten/Kota lainnya di Indonesia diharapkan dapat menjadikan ketiga Kota Locus ini sebagai perbandingan untuk menerapkan SPM Bidang Kominfo di daerahnya.

Sebelum pemaparan dari Kepala Dinas Kominfo Kota Medan telah dimulai dengan pemaparan dari Dr. Ir. Antonius Tarigan, M.Si (Bappenas), Drs. Horas Maurits P. Mec.Dev (Ditjend. Keuangan Daerah Kemendagri), dan Drs. Tulus Subarjono (Ditjen IKP, Kemenkominfo).

Berita Terkait

Komentar (0)

Isi Komentar

  • Name:
  • Website:
  • Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)

Sekilas Info

  • Upacara Peringatan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional Tingkat Kota Medan 2015 di La


  • Segeralah untuk mengurus surat rekomendasi ijin warnet ke Dinas Kominfo Kota Medan bidang Pos dan Te


  • Segeralah untuk mengurus surat rekomendasi ijin warnet ke Dinas Kominfo Kota Medan bidang Pos dan Te


  • Dinas Kominfo Kota Medan menyediakan layanan MPLIK untuk sekolah-sekolah dasar diseluruh Kota Medan.


Indeks Berita

Polling

Link Terkait

Find Us On Facebook