Kamis
Pukul : 14:26:07

Ayu Cahyany Arrumdany

| More
ICITAP Kedubes AS Lakukan Survei ke Dinas Kominfo Kota Medan

Internasional Criminal Investigative Training Assistance Program (ICITAP) Kedutaan Besar Amerika Serikat berkunjung ke Dinas Kounikasi dan Informartika (Kominfo) Kota Medan, Rabu (15/10). Kedatangan Tim ICITAP yang diterima Kadis Kominfo Drs Darussalam Pohan MAP bertujuan untuk mensurvei sejauh mana peran Dinas Kominfo dalam penanggulangan bencana di Kota Medan.

Project Coordinator Iwan Maskun yang hadir bersama Iry Christine, Justin Smith dan Drew Crowli yang didampingi Kabid BPBD Medan Nirwan mengatakan sebelum melakukan survei, pihaknya telah melakukan audensi ke Walikota Medan dan Walikota menyambut baik program dari ICITAP dalam penanggulangan bencana.

Dikatakannya, ICITAP telah melakukan survei di berbagai Kota besar dan Kota yang rawan bencana di Indonesia, survei ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran dinas terkait dalam penanggulangan bencana dan dalam survei ICITAP juga memberikan masukan untuk dinas tersebut.

Tujuan dilakukan survei selain untuk mengetahui peran juga untuk membantu dinas terkait dalam menanggapi dan penanggulangan bencana, untuk itu dalam melakukan survei harus bertemu langsung Kepala Dinas agar informasi tersebut dapat diketahui langsung, selain itu hasil survei ini juga akan diketahui kapasitas dinas terkait penanggulangan bencana, katanya.

Menurut Iwan, selain melakukan survei, Pihak ICITAP juga siap membantu Pemerintah Kota atau daerah jika terdapat kendala dalam penanggulangan bencana seperti tidak adanya jalur evakuasi jika terjadi bencana dan survei yang dilakukan hasilnya akan disampaikan ke Satuan kerja masing – masing serta dilaporkan ke Pemerintah Provinsi dan Pusat sebagai bahan masukan sehingga jika terjadi bencana maka Pemerintah Kota maupun daerah dapat mengambil tindakan cepat.

Kadis Kominfo Drs Darussalam Pohan MAP yang didampingi Jajarannya mengatakan sangat menyambut baik kedatangan Tim ICITAP guna melakukan survei, menurutnya program yang dilakukan ICITAP ini sangat mulia karena merupakan bentuk kepedulian sosial dan kemanusiaan dalam penanggulangan bencana.

Tugas Pokok dan Fungsi Dinas Kominfo adalah memberitahukan dan menyebarkan informasi apa saja ke masyarakat kota Medan, dan di bidang bencana, Pihaknya melakukan sosialisasi dengan menampilkan informasi baik pada saat akan terjadinya bencana, sedang terjadinya, maupun seteah terjadi bencana melalui TV Bilboard yang terdapat di Kantor Walikota dan Kecamatan Medan Belawan”, kata Kadis Kominfo.

Darussalam juga menjelaskan, Penyebaran Informasi juga dilakukan dengan menggunakan mobil Mplik (Mobil Pusat Layanan Internet Kelilng) dimana selain untuk akses internet, mobil tersebut juga digunakan untuk siaran keliling agar masyarakat dapat waspada terhadap bencana, disamping itu Kominfo juga bekerja sama dengan Media cetak dan elektronik guna menyebarkan informasi.

Menurut Darussalam, dalam penanggulangan bencana Kominfo juga melakukan kerja sama dengan BPBD dan menyediakan sarana SMS center, hal ini dilakukan agar informasi tentang bencana didapatkan dengan cepat, seperti halnya SMS Center, selain untuk memberikan masukan untuk Pemko Medan juga dapat sebagai sarana mendapatkan infomasi tentang bencana dari masyarakat dengan cepat.

Selain itu Darussalam juga menyampaikan Pihaknya pernah menghibur masyarakat yang terkena bencana seperti dengan melakukan pemutaran film dan penyedian internet gratis di lokasi bencana. Kemudian Kadis Kominfo berharap survei ini dapat menghasilkan data yang baik sehingga setiap kota atau daerah memiliki standard internasional untuk penanggulangan bencana.

Sebelumnya salah satu anggota ICITAP Iry  Cristine menjelaskan bahwa ICITAP memiliki program master untuk memberikan bimbingan dan pelatihan kepada para instruktur dalam penanggulangan bencana dan bagaimana cara menginformasikana kepada masyarakat dalam waktu dekat ini, untuk nitu Pihak Dinas terkait dapat mengirimkan perwakilannya guna diberikan bekal pelatihan.

Dalam Kunjungan Survei ini, Tim ICITAP Kedubes AS juga memberikan buku pedoman dan petunjuk penanggulangan bencana kepada kadis Kominfo, didalam buka tersebut terdapat banyak petunjuk hal -hal apa saja yang sebaiknya dilakukan saat terjadi bencana maupun mewaspadai datangnya bencana.

Berita Terkait

Komentar (0)

Isi Komentar

  • Name:
  • Website:
  • Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)

Sekilas Info

  • Upacara Peringatan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional Tingkat Kota Medan 2015 di La


  • Segeralah untuk mengurus surat rekomendasi ijin warnet ke Dinas Kominfo Kota Medan bidang Pos dan Te


  • Segeralah untuk mengurus surat rekomendasi ijin warnet ke Dinas Kominfo Kota Medan bidang Pos dan Te


  • Dinas Kominfo Kota Medan menyediakan layanan MPLIK untuk sekolah-sekolah dasar diseluruh Kota Medan.


Indeks Berita

Polling

Link Terkait

Find Us On Facebook