Rabu
Pukul : 08:53:51

Bilkis

| More
Launching "Program Digital Sekolah" Kerjasama Kadin Medan, Pemko Medan dan Universitas Sumatera Utara

Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melaunching Program Digital  sekolah di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) Jalan Dr mansyur Medan, Selasa (19/5). Melalui program ini diharapkan dapat memberikan kemudahan serta akses informasi yang lebih luas, khususnya kepada para siswa, orang tua dan guru dalam mengawasi dan mendukung proses pendidikan yang berlangsung.

Program Digital Sekolah ini digagas Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Medan bekerja sama dengan Pemko Medan dan USU. Tujuannya, selain salah satu cara menjadikan Medan sebagai Kota dunia, juga untuk memudahkan sistem pembelajaran di sekolah dan mengontrol para siswa yang tengah mengikuti psosess belajar mengajar.

Selain Wali Kota, launching ini turut dihadiri Pj Rektor USU Prof Subhilhar Phd, Wakil Rektor IV USU Prof Dr Ningrum Natasya,Ketua Kadin Kota Medan Ir Rudi Zulham, para Rektor Universitas dan Perguruan Tinggi, Kadis Kominfo Drs Darussalam Pohan MAP, Kaban Litbang Drs Hasan Basri dan Kadis Pendidikan Drs Marasutan serta para kepala sekolah SMP dan SMA

Menurut Wali Kota, Kota Medan saat ini berkembang menjadi pusat pendidikan secara regional. Tentunya secara lebih komprehensif, setidaknya ada tiga aspek yang harus diperhatikan diantaranya aspek ketenagaan dimana ketersediaan tenaga pendidik yang harus memiliki kualitas dan pemerataan di seluruh wilayah.

“Selanjutnya aspek pendanaan dan  aspek sarana serta prasarana juga akan memberikan pengaruh signifikan atas peningkatan kualitas pendidikan, seperti ketersediaan IT dan jaringan internet. Di samping menunjang program digital sekolah, juga dapat dipastikan akan mendorong kualitas pendidikan,” kata Wali Kota.

Atas dasar itulah Wali Kota menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kadin Kota Medan dan Civitas Akademika USU atas  diluncurkannya program Digital Sekolah ini. Sebab sebagai kota metropolitan baru serta pusat perdagangan dan jasa, sudah seharusnya Kota Medan memiliki konsep tatanan kota yang menggunakan teknologi digital.

“Untuk menjadikan kota Medan sebagai kota yang cerdas (Smart City) harus didukung dengan teknologi digital tidak hanya untuk pendidikan tetapi di sektor ekonomi, industri dan sumberdaya. Dengan begitu akan semakin meningkatkan performa dan kesejahteraan masyarakat Kota Medan,” ungkap Wali Kota.

Mantan Sekda Kota Medan ini selanjutnya berharap,  program Digital Sekolah ini dapat memberikan kemudahan serta akses informasi yang lebih luas, khususnya kepada generasi muda, para orang tua, guru serta masyarakat luas dalam mengawasi dan mendukung proses pendidikan yang berlangsung di sekolah.

”Melalui Program ini saya berharap dapat mendukung program pendidikan yang berbasis link and match, sehingga para generasi muda kita sejak duduk ditingkat SMA/SMK sudah dapat menentukan pilihan masa depannya, serta memberikan kesempatan yang lebih luas kepada mereka untuk berkarya di dunia usaha maupun Industri,” harap Wali Kota.

Sebelumnya Ketua Kadin Kota Medan, Ir Rudi Zulham Hasibuan mengatakan, program Digital Sekolah ini dirancang guna mendukung program Kota Medan yang berkeinginan menjadi kota dunia. Untuk mendukung keinginan itu, maka Kadin Kota Medan berkontribusi untuk pembangunan kota melalui programDigital Sekolah tersebut..

“Dengan program ini, pengawasan, pembelajaran di sekolah lebih mudah dikontrol, Akses ini juga dapat dilihat oleh orang tua murid. Tekhnologi ini adalah untuk mendigitalkan sekolah, namun sistemnya tidak digital. Untuk mendukung program ini, tiap sekolah harus memiliki website,” kata Zulham.

Menurut Zulham, Program ini juga terdapat e-book( elektronik buku). Dengan demikian para siswa dapat lebih cepat mendapatkan informasi bahan pelajaran yang sebelumnya telah dimasukan para guru kedalam e-book tersebut.  “Program ini juga terhubung dengan website universitas dan perguruan tinggi, sehingga para siswa yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi  dapat mengakses dari website sekolahnya masing-masing”, jelas Zulham.

Peluncuran program  Digital sekolah ini ditandai dengan akses perdana dari website sekolah yang dilakukan Wali Kota Medan. Selanjutnya atas diluncurkannya program ini, Wali Kota pun mendapatkan piagam penghargaan dari kadin Kota Medan sebagai Bapak Digital Sekolah.Setelah itu dilanjutkan dengan penandatangan MoU antar 17 sekolah dengan Kadin Kota Medan untuk melaksanakan program Digital Sekolah tersebut.

Berita Terkait

Komentar (0)

Isi Komentar

  • Name:
  • Website:
  • Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)

Sekilas Info

  • Upacara Peringatan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional Tingkat Kota Medan 2015 di La


  • Segeralah untuk mengurus surat rekomendasi ijin warnet ke Dinas Kominfo Kota Medan bidang Pos dan Te


  • Segeralah untuk mengurus surat rekomendasi ijin warnet ke Dinas Kominfo Kota Medan bidang Pos dan Te


  • Dinas Kominfo Kota Medan menyediakan layanan MPLIK untuk sekolah-sekolah dasar diseluruh Kota Medan.


Indeks Berita

Polling

Link Terkait

Find Us On Facebook

Find Us On Twitter