Senin
Pukul : 11:57:54

fitri khairani

| More
Dinas Kominfo Kota Medan Gelar Seminar Persandian Cyber Security Awarennes

Wali Kota Medan Drs.H.T Dzulmi Eldin S, M.Si., M.H diwakili Asisten Pemerintahan dan Sosial Drs. Musaddad Nasution membuka Seminar Persandian Cyber Security Awarennes di Hotel Grand Kanaya, Jalan Darussalam,Senin (26/11). Diharapkan melalui Seminar ini seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Medan dapat menyelenggarakan Tata kelola Informasi yang aman melalui Persandian.

Seminar yang digelar Dinas Kominfo Kota Medan ini menghadirkan narasumber, Direktur Proteksi Pemerintahan Badan Siber Nasional, Ronald Tumpal Hutagalung, SH, MH, Staf Badan Siber dan Sandi Negara, Supapri Situmorang S.ST.MP., M.H Hadir Kadis Kominfo, Zain Noval S.STP M.AP, Kabid Persandian, Topan Ginting S.STP para perwakilan Pimpinan OPD dan Camat se - Kota Medan.


Dalam membacakan sambutan Wali Kota, Asisten Pemerintahan dan Sosial mengatakan dalam mengelola informasi perlu mengedepankan Aspek preventif daripada represif. Artinya dengan cara meningkatkan kewaspadaan badan bersikap hati - hati sehingga dapat meminimalisir Cyber crime yang dilakukan oleh pihak- pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Kita tentu paham bahwa selalu Badan Publik kita memilili tanggung jawab dalam menyebarkan informasi sesuai yang diamanahkan Undang-undang keterbukaan Informasi Publik (UU KIP). Namun Informasi yang diberikan juga memiliki kriteria tertentu, ada yang bersifat rahasia ada yang bisa disebarluaskan", kata Musaddad.

Menurut Musaddad, data dan informasi yang kita miliki adalah aset organisasi yang juga harus diperhatikan dalam pengelolaannya. Oleh sebab itu melalui kegiatan ini masing - masing OPD di Pemerintah Kota Medan dapat menyelenggarakan Tata kelola Informasi yang aman Melalui Persandian.

"Saya berharap seluruh peserta dapat bersungguh-sungguh dalam mengikuti seminar ini. Sehingga nantinya dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang didapat dalam seminar ini pada OPD masing - masing dan Pemko Medan dapat menerapkan Pengelolaan Informasi yang baik dan Benar", ungkap Mussadad.

Sebelumnya Kadis Kominfo Zain Noval S.STP M.AP dalam sambutannya mengatakan Seminar Persandian yang dilaksanakan dalam rangka memberikan kesadaran bahkan kerawanan kebocoran informasi guna mendapatkan Security Awarennes kepada masing - masing OPD di lingkungan Kota Medan.


"Saat ini ancaman Cyber kasat mata, untuk itu melalui kegiatan ini kita dapat memperoleh informasi dan pengetahuan tentang cyber Security Awarennes sehingga pengamanan data kita dapat terjaga dengan baik", Kata Kadis Kominfo

Dijelaskan juga Kadis Kominfo, bahwa saat ini Pemko Medan sudah memiliki pusat data yang telah beroperasi sejak tahun 2017. Artinya melalui pusat data ini seluruh aplikasi yang ada di masing - masing OPD akan diintegrasikan. Sehingga aplikasi tersebut dapat dipergunakan oleh OPD lainnya dan juga dapat dikembangkan.

Selanjutnya, Seminar Persandian Cyber Security Awarennes ini diisi dengan Pemaparan oleh para Narasumber dari Badan Siber Nasional dan Sandi negara.

 

Berita Terkait

Komentar (0)

Isi Komentar

  • Name:
  • Website:
  • Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)




Sekilas Info

  • Upacara Peringatan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional Tingkat Kota Medan 2015 di La


  • Segeralah untuk mengurus surat rekomendasi ijin warnet ke Dinas Kominfo Kota Medan bidang Pos dan Te


  • Segeralah untuk mengurus surat rekomendasi ijin warnet ke Dinas Kominfo Kota Medan bidang Pos dan Te


  • Dinas Kominfo Kota Medan menyediakan layanan MPLIK untuk sekolah-sekolah dasar diseluruh Kota Medan.


Indeks Berita

Polling

Link Terkait

Find Us On Facebook

Find Us On Twitter