Rabu
Pukul : 15:44:33

Melviza

| More
DPRD Asahan Kunjungan Kerja ke Dinas Kominfo Medan

Pihak DPRD Asahan mengaku banyak pelajaran yang bisa dipetik dari kunjungan kerja mereka ke Dinas Komunikasi dan Informatika Medan. Berbagai program dan kegiatan Pemko Medan bidang komunikasi dan informatika menjadi inspirasi dan pelajaran berharga bagi Pemkab Asahan.

 

Hal ini dinyatakan Ketua DPRD Asahan,  H. Benteng Panjaitan, S.H.,M.Si selaku pimpinan rombongan saat melakukan kunjungan kerja ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan, Rabu (24/7).

 

Kunjungan kerja yang dilakukan Komisi A DPRD Asahan ini bertujuan untuk mempelajari berbagai program dan kegiatan yang dilakukan Dinas Kominfo Medan.  Kedatangan rombongan Komisi A DPRD Asahan ini diterima oleh Kadis Kominfo, Zain Noval, S.STP., M.AP.

 

Dalam pertemuan itu, Kadis Kominfo memaparkan berbagai program dan kegiatan yang telah dijalankan. Dipaparkan, program dan kegiatan yang dilakukan mengacu pada ketentuan peraturan dan perundanganan, serta tugas dan fungsi Dinas Kominfo.

 

Dia merincikan, Dinas Kominfo mengelola website resmi Pemko Medan yang berisikan berbagai informasi tentang kegiatan di lingkungan Pemko Medan. Website ini juga mempunyai subdomain untuk seluruh organisasi perangkat daerah. Disamping itu, Dinas Kominfo juga mengelola akun resmi media sosial Pemko Medan.

 

Zain Noval didampingi Sekretaris Dinas Kominfo, Mansursyah, S.Sos., M.AP dan segenap pejabat struktural juga menyebutkan, Dinas Kominfo Medan juga mempunyai Data Center yang berfungsi menyimpan seluruh data di Kota Medan. Data ini disimpan dalam server milik Pemko Medan.

 

“Untuk secure, kita tidak lagi menyewa kepada pihak swasta. Sedangkan tenaga pengelolanya kita rekruit secara terbuka,” terang Zain Noval.

 

Selain itu, tambahnya, Dinas Kominfo Medan juga mengelola Command Center menjadi pusat data dan informasi. Melalui Command Center, Wali Kota dapat segera mengetahui berbagai persoalan yang terjadi, termasuk serapan anggaran disetiap organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan

 

Sedangkan sebagai media komunikasi antara warga dengan Pemko Medan, lanjut Zain Noval, Dinas Kominfo juga telah membangun aplikasi Medan Rumah Kita. Melalui aplikasi ini, masyarakat dapat menyampaikan aspirasi maupun keluhan, kemudian keluhan itu akan disampaikan kepada OPD terkait.

 

Ditambahkan Noval, aplikasi Medan Rumah Kita ini juga sudah diintegrasikan dengan SPAN-Lapor  yang dikelola Kementerian PANRB. Pengintegrasian ini dimaksudkan, agar permasalahan di Medan yang penyelesaiannya di luar kewenangan Pemko dapat diketahui oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

 

“Disamping itu, Dinas Kominfo Medan mempunyai PPID yang juga berfungsi sebagai pusat informasi dan dokumentasi,” sebut Zain Noval.

 

Pertemuan antara legislator Asahan dan segenap pejabat Dinas Kominfo Medan ini berlangsung dalam suasana penuh keakraban. Setiap pertanyaan anggota DPRD Asahan ini mendapat jawaban yang rinci dan jelas oleh Kadis Kominfo Medan.

 

“Kami merasa puas dengan berbagai penjelasan yang telah disampaikan oleh Bapak Kadis Kominfo Medan. Ini semua akan menjadi bahan pelajaran bagi kami di Asahan,” aku Ketua Komisi A DPRD Asahan, Baharuddin, di penghujung acara yang diakhiri dengan pemberian cindera mata oleh Kadis Kominfo Medan kepada Ketua DPRD Asahan itu.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan

Berita Terkait

Komentar (0)

Isi Komentar

  • Name:
  • Website:
  • Messege:

  • (Masukkan 6 kode diatas)




Sekilas Info

  • Upacara Peringatan Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Nasional Tingkat Kota Medan 2015 di La


  • Segeralah untuk mengurus surat rekomendasi ijin warnet ke Dinas Kominfo Kota Medan bidang Pos dan Te


  • Segeralah untuk mengurus surat rekomendasi ijin warnet ke Dinas Kominfo Kota Medan bidang Pos dan Te


  • Dinas Kominfo Kota Medan menyediakan layanan MPLIK untuk sekolah-sekolah dasar diseluruh Kota Medan.


Indeks Berita

Polling

Link Terkait

Find Us On Facebook

Find Us On Twitter