Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Medan Drs. H. Darussalam Pohan, M.AP resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Operator Website Sub Domain SKPD Pemko Medan

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (DisKominfo) kota Medan Drs H Darussalam Pohan MAP secara resmi membuka bimbingan teknis (Bimtek) Operator Website Sub Domain SKPD Pemko Medan, Rabu (2/3) di Aula Kantor Dinas Kominfo, Jalan Sidorukun Medan.Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 2 sampai dengan tanggal 3 Maret di khususkan dalam bidang operator Website Sub Domain yang ada di masing-masing SKPD, kecamatan dan juga Kelurahan maupun TP PKK Kelurahan yang berada dilingkungan Pemerintahan kota Medan sehingga melalui bimbingan teknis ini diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia terutama aparatur Pemerintah Kota Medan dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK).
Dalam sambutannya Darussalam mengatakan Website Sub Domain di masing - masing SKPD harus dikelola dengan baik. Artinya website tersebut harus aktif minimal 1 hari ada kegiatan ataupun konten yang dimasukkan kedalam website tersebut. Dinas Kominfo sendiri saat ini mengelola dua Website, yakni Website Pemko Medan dan Website Dinas Kominfo.
" Kegiatan apa saja yang dilakukan Kepala Dinas, Kepala Badan dan Camat maupun Lurah sebaiknya dimasukkan saja ke dalam website. Artinya pengelola website subdomain ini harus mengetahui kegiatan masing - masing SKPD. Selain itu bentuk pelayanan kepada masyarakat juga dapat dimasukkan kedalam Website", katanya.
Menurut Darussalam, Website Subdomain ini harus aktif dan tidak vakum, minimal setiap harinya ada diisi konten. Artinya jangan sampai seperti selama ini banyak website subdomain yang vakum 1 bulan baru ada yang dimasukkan konten bahkan terdapata juga yang 1 tahun baru diganti.
Selain itu Darussalam juga meminta Operator Website agar menyampaikan kepada Pimpinannya agar tidak mengganti petugas operator website sub Domain, sebab jika diganti tentunya petugas yang baru akan mengalami kesulitan dalam mengelolanya.
"Sampaikan pesan saya kepada Pimpinan saudara peserta bimtek ini, agar tidak mengganti petugas operator Websitenya. Artinya jika petugas yang sudah ditetapkan sebagai operator website makan dia akan menguasai cara operasional website tersebut", ungkapnya.
Selanjutnya Darussalam berharap agar peserta Bimtek dapat mengikuti proses pembelajaran ini dengan sebaik mungkin, memang tidak mudah untuk memahaminya, akan tetapi jika dijiwain mudah - mudahan para peserta dapat mengerti dan memahaminya. Hal ini kita lakukan guna kemajuan Pemko Medan.
" para operator Website Sub Domain juga nantinya akan diberikan honor sesuai dengan anggaran yang ada di Pemko Medan. Ini merupakan bentuk perhatian Pemko Medan kepada petugas operator, sebab setiap tahunnya website subdomain setiap tahunnya bertambah", jelas Darrussalam.
Sebelumnya Kabid Data Drs Harunsyah MAP dalam laporannya mengatakan kegiatan Bimtek ini bertujuan untuk melatih para tenaga operator agar dapat mengelola website subdomain di masing - masing SKPD sehingga terwujud birokrasi pemerintahan yang modern, cepat efektif dan aman.
Kegiatan ini sendiri diikuti oleh petugas dari perwakilan setiap Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD) di lingkungan Pemerintahan Kota Medan sebanyak 35 orang yang dibagi menjadi dua gelombang yakni pada tanggal 2 maret sebanyak 17 orang dan 3 maret sebanyak 18 orang. Materi yang diberikan nantinya adalah Pengelolaan website Sub Domain Dan tata cara penyampaian laporan dari pelaksanaan pekerjaan.