Dinas Kominfo Medan Keliling ke Seluruh Kecamatan Berikan Pelatihan Pembuatan Konten Medsos

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setdako Medan menggelar pelatihan pembuatan konten media sosial (medsos) kepada seluruh kepala lingkungan, lurah, dan pengelola media sosial  kecamatan dan kelurahan se-Kota Medan. Kegiatan yang dilakukan secara maraton ini bertujuan agar program dan pekerjaan yang telah dan tengah dijalankan Pemko di wilayah kecamatan, kelurahan, maupun lingkungan tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Setelah sebelumnya di Kecamatan Medan Barat, Helvetia, Petisah, dan Tuntungan, pelatihan ini kembali digelar di Medan Labuhan, Kamis (19/5).  

 

 

"Program dan kegiatan yang dilaksanakan kecamatan, kelurahan, maupun kepala lingkungan haruslah disampaikan kepada masyarakat dengan baik. Penyampaian yang baik melalui berbagai media, termasuk akun media sosial resmi, akan memberikan pemahaman dan membangkitkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan," ujar Kepala Dinas Kominfo Medan, Arrahmaan Pane, saat membuka pelatihan tersebut. Materi yang disampaikan dalam pelatihan itu yakni teknis dasar pembuatan berita, foto, video, dan infografik. Bertindak sebagai mentor dalam kegiatan yang itu adalah petugas peliput dan desain grafis dari Dinas Kominfo Medan. Kegiatan ini lebih menekankan kepada praktik lalu diakhiri dengan diskusi serta evaluasi. Didampingi Camat Medan Labuhan Indra Utama, Arrahmaan Pane mengungkapkan, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kepala lingkungan, lurah, maupun petugas pengelola media sosial di kelurahan maupun kecamatan dalam menyampaikan program Pemko Medan di kecamatan, kelurahan, sampai ke lingkungan.  

 

 

"Program dan kegiatan yang telah dan tengah dilakukan Pemko Medan haruslah tersampaikan dengan baik kepada masyarakat. Dengan penyampaian yang baik, masyarakat bisa mengetahui dan memahami dengan baik serta akhirnya mendukung serta merasakan kehadiran Pemko Medan di tengah-tengah kehidupan masyarakat," ungkap Arrahmaan Pane. Memandang pentingnya mencapai tujuan ini, lanjut Arrahmaan Pane, maka Dinas Kominfo  akan terus melanjutkan pelatihan ini secara maraton ke seluruh kecamatan di Kota Medan. 

 

 

"Kita harapkan, pihak kecamatan dapat memanfaatkan inisiatif Dinas Kominfo Medan ini dengan sebaik-baiknya," harapnya. Arrahmaan Pane mengungkapkan, keberadaan media sosial serta ramainya pengguna media sosial sesungguhnya telah memberikan kemudahan dalam menyampaikan program-program pembangunan yang telah dan tengah dijalankan. Yang diperlukan saat ini adalah kemampuan dalam membuat dan mengemas pesan-pesan tersebut agar sampai dengan baik dan menarik kepada masyarakat. 

 

 

"Hari ini, kita melihat pihak kecamatan maupun kelurahan masih belum maksimal memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan berbagai program maupun kegiatan Pemko Medan di wilayah masing-masing. Kita berharap kegiatan ini bisa memberikan pencerahan, motivasi, sekaligus meningkatkan kemampuan untuk menyampaikan program-program maupun pesan-pesan pembangunan melalui media sosial, baik dalam bentuk berita, foto, video, juga infografik," ucapnya. 

 

 

"Mari manfaatkan kegiatan ini. Kita harapkan, dengan pelatihan ini seluruh kegiatan di kewilayahan, baik lingkungan, kelurahan, maupun kecamatan dapat disampaikan dengan baik kepada masyarakat," harapnya.

 

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan