Maraton Ke 21 Kecamatan, Dinas Kominfo Medan Beri Pelatihan Pembuatan Berita, Foto, Video, dan Infografik

Program dan kegiatan yang dilaksanakan kecamatan, kelurahan, maupun kepala lingkungan haruslah disampaikan kepada masyarakat dengan baik. Penyampaian yang baik melalui berbagai media, termasuk akun media sosial resmi, akan memberikan pemahaman dan membangkitkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Hal inilah yang mendorong Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berkolaborasi dengan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Setdako Medan secara maraton memberikan pelatihan pembuatan berita, foto, video, dan infografik kepada seluruh kepala lingkungan, lurah, dan pengelola media sosial di wilayah kecamatan dan kelurahan se-Kota Medan. 

 

Sejak dimulai Rabu (11/5) hingga Jumat (13/5), tim yang dipimpin oleh Kadis Kominfo Medan, Arrahmaan Pane ini telah menggelar pelatihan di tiga kecamatan, yakni Medan Barat, Medan Helvetia, dan Medan Petisah. Materi yang disampaikan dalam pelatihan itu yakni penulisan berita, foto, video, dan info grafis. Bertindak sebagai mentor dalam kegiatan yang itu adalah petugas peliput dan desain grafis dari Dinas Kominfo maupun Bagian Prokopim Setdako Medan. 

 

Kepala Dinas Kominfo Medan, Arrahmaan Pane mengutarakan, tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan kepala lingkungan, lurah, maupun petugas pengelola media sosial di kelurahan maupun kecamatan untuk menyampaikan berbagai program kepada masyarakat. 

 

"Program dan kegiatan yang telah dan tengah dilakukan Pemko Medan haruslah disampaikan dengan baik dan menarik kepada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat bisa memahami dan pada akhirnya mendukung serta merasakan kehadiran Pemko Medan di tengah-tengah dalam kehidupan masyarakat," ungkap Arrahmaan Pane. 

  

Arrahmaan Pane mengungkapkan, keberadaan media sosial serta ramainya pengguna media sosial sesungguhnya telah memberikan kemudahan dalam menyampaikan program-program pembangunan yang telah dan tengah dijalankan. Yang diperlukan saat in adalah kemampuan dalam membuat dan mengemas pesan-pesan tersebut agar sampai dengan baik dan menarik kepada masyarakat. 

 

"Hari ini, kita melihat pihak kecamatan maupun kelurahan masih belum maksimal memanfaatkan media sosial untuk menyampaikan berbagai program maupun kegiatan Pemko Medan di wilayah masing-masing. Kita berharap kegiatan ini bisa memberikan pencerahan, motivasi, sekaligus meningkatkan kemampuan untuk menyampaikan program-program maupun pesan-pesan pembangunan melalui media sosial, baik dalam bentuk berita, foto, video, juga infografik," ucapnya.

 

Dia mengatakan, pelatihan ini akan terus berlanjut hingga meliputi seluruh kecamatan yang ada di Kota Medan. Diharapkan, pihak kecamatan dapat memanfaatkan kegiatan Dinas Kominfo Medan ini dengan sebaik-baiknya.

 

"Mari manfaatkan kegiatan ini. Kita harapkan, dengan pelatihan ini seluruh kegiatan di kewilayahan, baik lingkungan, kelurahan, maupun kecamatan dapat disampaikan dengan baik kepada masyarakat," harapnya.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan