KEPALA DINAS KOMINFO KOTA MEDAN TERIMA KUNJUNGAN DARI BADAN KOMINFO KOTA BATAM

Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Drs. H. Darussalam Pohan, MAP menerima langsung rombongan dari Badan Kominfo Kota Batam di kantor Dinas Kominfo Kota Medan Jl. Sidorukun Medan, Rabu (09/10).

Rombongan yang dipimpin oleh Kepala Badan Kominfo Kota Batam Salim, S.Sos, MSi menjelaskan bahwa kunjungan ini terkait dengan study banding yang dilakukan oleh Badan Kominfo Kota Batam ke Dinas Kominfo Kota Medan.

Darussalam Pohan selaku Kepala Dinas Kominfo Kota Medan menjelaskan bahwa saat ini Dinas Kominfo Kota Medan memiliki beberapa media pelayanan masyarakat dalam hal memberikan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat salah satunya yaitu melalui website resmi Pemerintah Kota Medan, SMS Center, dan M-PLIK.

Untuk M-PLIK sendiri Dinas Kominfo Kota Medan mengoprasikannya minimal 5 jam setiap harinya dan M-PLIK ini juga di prioritaskan ke sekolah-sekolah SD yang ada di Kota Medan hal ini guna memberikan pelayanan dan edukasi kepada masyarakat khususnya kepada siswa-siswa SD dalam hal penggunaan computer ataupun internet yang sehat.

Kita berikan pengetahuan-pengetahuan cara menggunakan computer dan internet yang baik ini kepada masyarakat dari sejak dini, salah satunya dengan memberikan edukasi penggunaan internet kepada siswa-siswi SD sehingga mereka bisa menggunakan computer ataupun internet dengan sehat.kata Darussalam Pohan.

Selain itu Darussalam Pohan juga menambahkan bahwa saat ini Dinas Kominfo Kota Medan telah melakukan kerja sama dengan 8 perusahaan media cetak dan 5 stasiun tv swasta, Kota Medan juga saat ini telah memiliki 200 titik hotspot dan wifi gratis yang tersebar diseluruh Kecamatan dan Kelurahan yang ada di Kota Medan.

Dalam hal pengawasan warung internet, Darussalam Pohan menjelaskan bahwa Dinas Kominfo Kota Medan selalu melakukan pemantauan dan juga melakukan razia - razia kesejumlah warung internet yang melanggar batas jam beroprasi, memiliki situs porno yang belum diblokir, serta terdapat bilik-bilik yang panjangnya melebihi batas yang telah ditentukan oleh Perwal Kota Medan No 28 tahun 2011 tentang Perizinan Usaha Warung Internet.

dalam melakukan razia Dinas Kominfo selalu bekerja sama dengan dinas-dinas terkait lainnya seperti dinas pendidikan dan satpol pp serta dalam razia ini juga turut dibantu oleh personil dari polresta Medan dan juga personil dari Kodim 0201/BS.

Selanjutnya Darussalam Pohan menambahkan bahwa Dinas Kominfo Kota Medan selalu melakukan pembinaan kepada setiap pegawainya salah satunya dengan mengikut sertakan pegawainya ke berbagai pelatihan hal ini guna menunjang dan menambah pengetahuan bagi para pegawai di Dinas Kominfo Kota Medan.

 

Saat ini kita telah mengirim Kabid Postel kita untuk mengikuti pelatihan di Bandung yang diadakan oleh universitas ITB selama 5 hari, tentunya dengan pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan serta nantinya mau membagi pengetahuan yang diproleh ke rekan - rekan pegawai lainnya.kata Darussalam Pohan.

Sementara itu untuk website dinas-Dinas lainnya yang ada di Kota Medan, Darussalam menjelaskan bahwa website dinas-dinas tersebut menjadi sub domain dari website resmi Pemerintah Kota Medan.

Disamping itu Darussalam Pohan berharap melalui kunjungan ini dapat memberikan pengetahuan dan pembelajaran sehingga kedepannya Dinas Kominfo yang ada di seluruh Indonesia dapat semakin maju dan berkembang.

Dari pertemuan ini kita harapkan dapat memberikan pelajaran dan masukan bagi kita semua sehingga Kominfo untuk kedepannya dapat lebih maju, berkembang dan juga mampu berdiri sendiri kata Darussalam Pohan.

Darussalam Pohan juga mengucapkan terimakasih kepada Badan Kominfo Kota Batam atas kunjungannya dan merasa sangat senang dapat berbagi ilmu dengan Badan Kominfo Kota Batam.

Sementara itu Kepala Badan Kominfo Kota Batam Salim,S.Sos.MSi menjelaskan bahwa pertemuan ini memberikan banyak masukan dan pembelajaran bagi mereka untuk kedepannya dapat membenahi Badan Kominfo Kota Batam menjadi lebih baik lagi.