Kadis Kominfo : TVRI Bersifat Netral Dalam Menayangkan Pemberitaan

TVRI Sumatera Utara sebagai mitra Pemerintah Kota Medan berperan aktif dalam hal penyebarluasan informasi, publikasi maupun sosialisasi terkait program kerja Pemko Medan.

Selain menayangkan mengenai keberhasilan pembangunan Pemko Medan, TVRI juga kerap memberitakan kritikan yang bersifat membangun terhadap Pemko Medan. Karenanya TVRI dinilai bersifat netral dalam menayangkan berita-berita Pemko Medan.

"TVRI ini tidak hanya menjadi "corong" pemerintah kota saja, tetapi TVRI juga sering memberitakan kritikan-kritikan terhadap pemerintah kota Medan, sehingga saya menilai TVRI bersifat netral dalam menayangkan berita-berita, khususnya berita tentang Pemko Medan," ujar Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Drs. Darussalam Pohan, M.AP saat menjadi narasumber dalam program acara talkshow yang di siarkan secara langsung dari stasiun TVRI, selasa (22/12/2015).

Dikatakan Darussalam, kerjasama antara Pemko Medan dengan TVRI saat ini meliputi talkshow Walikota Medan dan SKPD, penayangan pidato walikota menyambut hari-hari besar kenegaraan, greeting serta penayangan kegiatan Walikota yang di liput secara langsung di lapangan.

"Kedepannya kita harapkan kerjasama yang telah terbangun antara Pemko Medan dengan TVRI dapat semakin berjalan dengan baik," harap Darussalam. Di samping itu, menurut Darussalam program acara yang di tayangkan TVRI saat ini juga semakin hari kian membaik, terutama program yang mengandung unsur muatan lokal, kini kian digemari oleh masyarakat sebab menampilkan kepariwisataan daerah lokal, keagamaan maupun hiburan.

"Program acara muatan lokal seperti ini yang kian digemari masyarakat, sebab menyajikan berbagai macam informasi seperti kepariwisataan, keagamaan maupun hiburan," kata Darussalam. Sementara itu dalam kesempatan ini juga diundang narasumber lainnya yaitu Masdalifah selaku Dosen bidang Komunikasi dari Universitas Sumatera Utara. Dimana Musdalifah beranggapan bahwa program tv yang baik ialah program yang menggabungkan berbagai unsur seperti hiburan, informasi dan juga edukasi.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan