Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Drs. Darussalam Poham, M.AP hadiri jamuan makan malam dengan Walikota Gwangju

Kepala Dinas Kominfo Kota Medan Drs Darussalam Pohan MAP menghadiri jamuan makan malam dengan Walikota Gwangju Mr. Yoon Jang Hyun beserta rombongan, di Hotel Grand Aston Medan, Selasa (24/5) malam.

Kehadiran Mr. Yoon Jang Hyun dikota Medan disambut hangat oleh Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution MSi dan sejumlah petinggi kota Medan lainnya diantaranya Ketua DPRD Kota Medan Hendry Jhon Hutagalung,SE,SH, Kapolresta Medan Kombes Pol Mardiaz Kusin Dwihananto,SIK,MH, Kejari Medan Samsuri, SH. MH, Kepala Kantor Imigrasi Klas 1 Medan Drs Lilik Bambang, Sekretaris Daerah Kota Medan Ir Syaiful Bahri, Pimpinan SKPD dijajaran Pemko Medan, dan sejumlah tokoh masyarakat Kota Medan.

Melalui Jamuan makan malam ini, Akhyar berharap hubungan kerjasama antara Kota Medan dan Gwangju yang telah terbangun selama 19 tahun dapat ditingkatkan dan dapat menggagas lebih banyak prospek kerjasama luar negeri baik dari segi perekonomian, pendidikan maupun budaya.

"Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Walikota Gwangju yang telah berperan aktif mendorong peningkatan kerjasama luar negeri bagi kedua kota, saya harap kerjasama yang sudah terjalin selama ini dapat terus kita kembangkan diberbagai bidang pembangunan,"harap Akhyar.

Selanjutnya, dalam kesempatan ini akhyar menyampaikan ekspose tentang gambaran kota Medan dimana Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Saat ini kota Medan terus berkembang sebagai kota metropolitan sekaligus merupakan salah satu kawasan koridor ekonomi utama untuk wilayah Sumatera. Penduduk kota Medan saat ini mencapai lebih kurang 2.5 juta jiwa, meliputi berbagai keragaman agama, suku, etnis, budaya dan adat istiadat yang semuanya hidup berdampingan dan harmonis, sehingga kota Medan sering disebut sebagai miniaturnya Indonesia.

"Keragaman ini juga tercermin dalam kesenian, diantaranya tarian daerah, alat musik, nyanyian, bangunan fisik dan kuliner,"lanjut Akhyar.

Selain itu Akhyar juga mengungkapkan sektor jasa perdagangan, industri dan keungan dikota Medan terus tumbuh dengan cukup pesat, bahkan melebihi pertumbuhan ekonomi nasional. Tidak hanya itu saja, kota Medan juga berkembang sebagai kota tujuan MICE (Meeting, incentive, convention, exhibition) dengan semakin gencarnya pertumbuhan pariwisata, pembangunan properti dan hotel yang berskala International. "Untuk itu Kota Medan sangat terbuka dengan investasi dan peluang-peluang kerjasama ekonomi, sosial budaya dan lainnya,"ungkap Akhyar.

Sementara itu Walikota Gwangju Mr. Yoon Jang Hyun mengaku sangat terharu dengan penyambutannya diKota Medan, dirinya tidak menyangka bakal disambut semeriah ini.

"Saya merasa terharu dan berterimakasih atas sambutannya yang begitu meriah, saya merasa bersalah selama ini tidak berkunjung ke kota Medan,"kata Yoon Jang Hyun.

Lebih jauh, Mr. Yoon Jang Hyun juga bercerita mengenai kota Gwangju, dimana kota Gwangju merupakan Kota besar budaya yang berada di Korea Selatan, Kota Gwangju sangat menjunjung tinggi hak asasi manusia.
Gwangju terkenal dengan industri otomotifnya, dimana setiap tahunya menghasilkan 6000 Mobil.
Saat ini Gwangju tengah mempersiapkan Mobil yang menggunakan bahan bakar listrik, hal ini sebagai gerakan penghematan energi dikota Gwangju.

Melalui pertemuan ini Mr. Yoon berharap antara Kota Medan dan Gwangju dapat lebih meningkatkan lagi kerjasamanya, salah satunya dibidang penghematan energi.

"Kota Medan memiliki banyak bahan alami yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi, saya harap dari pertemuan ini kita bisa merancang kerjasama untuk pengolahan bahan alami menjadi sumber energi yang menguntungkan bagi kedua negara,"harap Yoon Jang Hyun.