Workshop Infrastruktur e-Government Nasional

Kementerian komunikasi dan Informatika Republik Indonesia melaksanakan kegiatan Workshop Infrastruktur e-Government Nasional dalam rangka pengembangan komitmen nasional dalam penyelenggaraan infrastruktur e-Government nasional. Kegiatan ini di hadiri oleh peserta dari kementerian, lembaga dan Pemerintah Daerah seluruh Indonesia.

Acara dibuka oleh Dirjen Aptika Kemkominfo RI yang diwakili oleh Direktur e-Government Ir. Firmansyah Lubis M.IT dan dihadiri juga oleh beberapa narasumber diantaranya Kepala Dinas Kominfo Jawa Barat Dr. Hening Widiatmoko MA dan kasubdit Teknologi dan E-Government Bapak Bambang Dwi Anggono ST, M.Eng, CEH atau yg biasa disapa ibenk.

Panitia melakukan pendataan informasi e-Government secara online melalui aplikasi yg sudah disediakan dengan tujuan untuk melakukan pemetaan dalam rangka pengamanan informasi pemerintah secara nasional. Secara palalel dalam kesempatan ini juga diadakan bimbingan teknis pengamanan server dengan cara melatih PNS sebagai hacker untuk tujuan pengamanan server dan sistem informasi yg ada di kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Disampaikan oleh ibenk bahwa NSPK data center secara nasional sudah hampir rampung dimana nantinya seluruh Data Center yang ada di daerah harus memiliki sertifikasi dari Kemkominfo RI untuk menghindari sanksi berupa penutupan data center secara permanen.

Sumber Berita : Dinas Kominfo Kota Medan