ASN Dinas Kominfo Kota Medan Manfaatkan Pelayanan kesehatan Program Posbindu PTM

Jajaran Aparatur Sipil Negara( ASN) Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Medan manfaatkan Pelayanan pemeriksaan kesehatan melalui Program Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilakukan Puskesmas Glugur Darat di Aula Kantor Dinas Kominfo, Jumat (18/07).

Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

Tujuan utama kegiatan Posbindu PTM adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko PTM. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat beresiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Selain itu Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.

Dalam Pelayanan Kesehatan Posbindu PTM ini, diisi juga dengan sosialisasi yang disampaikan Dokter, Dr. Sriwirya Ningsi, dan Dr. Nila Shera, seputar penyakit jantung koroner dan penyakit HIV Aids, termasuk cara pengobatan dan penanggulangannya.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan pada Posbindu PTM kepada seluruh Jajaran ASN Dinas Kominfo Kota Medan meliputi tensi darah, cek gula darah dan asam urat.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan