DPRD Kota Baru Sulawesi Selatan Kunjungi Kominfo Medan

DPRD Kota Baru Provinsi Sulawesi Selatan melakukan kunjungan ke Kantor Dinas Kominfo di Jalan Sidorukun, Kamis (05/09). Selain bersilaturahmi kunjungan ini juga guna mempelajari berbagai program dan kegiatan yang dilakukan Dinas Kominfo Medan khususnya terkait Smartcity. Kehadiran rombongan yang dipimpin Ketua DPRD Kota Baru, Hj.A. Nurhudajah ini diterima Kadis Kominfo Zain Noval S.STP, MAP diwakili Sekretaris Dinas Kominfo, Mansyursyah S.Sos, MAP di aula Kantor Dinas Kominfo.

Dalam pertemuan itu, Sekretaris Dinas Kominfo memaparkan berbagai program dan kegiatan yang telah dijalankan sesuai dengan ketentuan peraturan dan perundanganan, serta tugas dan fungsi Dinas Kominfo. Diantaranya, Jelas Mansyursyah Dinas Kominfo mengelola website resmi Pemko Medan yang berisikan berbagai informasi tentang kegiatan di lingkungan Pemko Medan. Website ini juga mempunyai subdomain untuk seluruh organisasi perangkat daerah. Disamping itu, Dinas Kominfo juga mengelola akun resmi media sosial Pemko Medan.

"Dinas Kominfo Medan juga mempunyai Data Center yang berfungsi menyimpan seluruh data di Kota Medan. Data ini disimpan dalam server milik Pemko Medan. Selain itu Dinas Kominfo Medan juga mengelola Command Center menjadi pusat data dan informasi. Artinya Melalui Command Center, Wali Kota dapat segera mengetahui berbagai persoalan yang terjadi, termasuk serapan anggaran disetiap organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemko Medan", jelas Sekretaris Dinas Kominfo.

Ditambahkan Mansyursyah, Dinas Kominfo juga mengelola aplikasi Medan Rumah Kita yang juga sudah diintegrasikan dengan SPAN-Lapor yang dikelola Kementerian PANRB. Pengintegrasian ini dimaksudkan, agar permasalahan di Medan yang penyelesaiannya di luar kewenangan Pemko dapat diketahui oleh pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat.

Pimpanan rombongan Ketua DPRD Kota Baru, mengaku banyak pelajaran yang bisa diambil dari kunjungan kerja mereka ke Dinas Komunikasi dan Informatika Medan. Berbagai program dan kegiatan Pemko Medan bidang komunikasi dan informatika menjadi inspirasi dan pelajaran berharga bagi Pemerintah Kota Baru.

"Informasi yang diberikan ini semua akan menjadi bahan pelajaran bagi kami di Kota Baru untuk menjadi Kota Smartcity seperti Kota Medan. Terimakasih atas penerimaan dan penjelasan yang disampaikan", jelasnya.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan