Peneliti Dari London School Of Hygiene And Tropical Medicine Berkunjung Ke Dinas Kominfo Medan

Peneliti dari London School of Hygiene and Tropical Medicine, Lua Pottier berkunjung ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Medan, Kamis (5/12). Kunjungan ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi tentang penggunaan aplikasi LAPOR! milik pemerintah dalam hal melayani publik. Penelitian ini merupakan bagian dari proses penulisan disertasinya. Kedatangan peneliti yang telah bekerja sama dengan Universitas Atmajaya ini diterima oleh Kadis Kominfo, Zain Noval, S.STP., M.AP di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan itu, secara spesifik Lua Pottier bertanya secara mendetail tentang penggunaan data pengaduan kesehatan di aplikasi LAPOR dalam pengambilan kebijakan sekaligus meningkatkan pelayanan publik. Kadis Kominfo, Zain Noval, S.STP., M.AP pun memberikan jawaban dengan jelas. Disebutkannya, aplikasi LAPOR! ini sangat bermanfaat sebagi bahan pengambilan kebijakan. Melalui aplikasi LAPOR! pemerintah dapat mengetahui aspirasi masyarakat yang harus mendapat prioritas.

Pemko Medan juga memiliki sebuah aplikasi untuk menyerap aspirasi masyarakat. Aplikasi yang bernama Medan Rumah Kita ini juga terhubung dengan LAPOR. Hal ini dimaksudkan agar aspirasi warga Medan yang bisa diselesaikan pemerintah pusat juga bisa terdengar. Lua Pottier mengungkapkan terima kasih atas data dan informasi yang telah diberikan Kadis Kominfo Medan. Dia mengatakan, data dan informasi ini sangat mendukung penelitiannya. Sebelum ke Dinas Kominfo Medan, Lua Pottier juga telah berkunjung ke KSP, KemenPAN RB, ORI, BPJS, BPKN, Kementerian Kesehatan, Kemendagri, KKI, dan PERSI.

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan