Kadis Kominfo Medan Ikuti Rakor Strategi Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Zain Noval, S.STP., M.A.P. diwakili Kabid Komunikasi Publik, Saipul Amri, S.Sos. mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Strategi Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 di Tingkat Daerah yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Selasa (5/1). Rapat yang digelar secara virtual dan diikuti oleh perwakilan Pemprov dan Pemko/Pemkab se-Indonesia ini bertujuan agar strategi komunikasi vaksinasi yang diterapkan dapat berhasil dengan baik sehingga masyarakat dengan kesadaran mendukung program vaksinasi Covid-19.

Rapat koordinasi yang dilaksanakan secara virtual ini dibuka dengan pemaparan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri, Dr. Drs. Safrizal Z.A., M.,Si. Dia menyampaikan, vaksinasi merupakan salah satu solusi untuk menciptakan kekebalan kelompok buatan.

“Di negara dengan penduduk 270 juta, kalau duapertiga saja untuk mencapai kekebalan kelompok angkanya mencapai 180 juta jiwa,” ucapnya. Dia menyebutkan, kepala daerah dan jajaran pemerintah daerah mempunyai peran penting dalam keberhasilan program vaksinasi ini. Dikatakannya pula, kepala daerah juga menjadi simbol keteladanan dalam penyuntikan vaksin ini. Berkaitan dengan platform sosialisasi vaksinasi, lanjutnya, dapat dilakukan secara formal maupun informal, melibatkan tokoh agama, menggunakan media konvensional, maupun sosial media.

Dia menerangkan, strategi komunikasi publik juga memanfaatkan media massa cetak dan elektronik, mengoptimalkan ruang digital, dan pesan broadcast berulang. Selain itu, dapat pula dilakukan dengan memanfaatkan komunikasi verbal dan personal, optimalisasi ruang komunal, dan pesan persuasi door to door. Kabid Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Saipul Amri, S. Sos. yang mengikuti rakor ini dari ruang Command Center Kantor Wali Kota Medan, mengungkapkan, Dinas Komunikasi dan Informatika Medan telah dan terus melancarkan sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi sebagai salah satu upaya penanganan Covid-19, selain kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kita menyampaikan sosialisasi melalui media konvensional maupun digital. Diharapkan pesan-pesan ini dapat menjangkau publik secara luas, sehingga tumbuh kesadaran akan pentingnya vaksinasi ini,” ujar Saipul didampingi Kasi Kemitraan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika Medan, Muhammad Rizki Husni, S.H. Saipul mengatakan, rapat koordinasi yang juga menghadirkan Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante S. Harbuwono ini, memberikan berbagai masukan berarti dalam menerapkan strategi komunikasi publik tentang vaksinasi Covid-19. 

“Rapat ini sungguh berarti dan memberikan masukan yang berarti bagi kita dalam menjalankan komunikasi publik, khususnya untuk mendukung keberhasilan program vaksinasi Covid-19,” sebut Saipul usai rakor yang berlangsung mulai siang hingga sore itu.

 

 

Sumber : Dinas Kominfo Kota Medan